Bimtek Belajar dari rumah bagi Anak Paud

Editor 30 Juni 2020 10:01:03 WIB

40 Pendidik Pengelola Se-Kalurahan Kepek Kapanewon Wonosari Kabupaten Gunungkidul Ikuti Program Pengimbasan Bimtek Pembelajaran Dari Rumah Melalui Daring

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul menggelar Program Pengimbasan Bimbingan Teknis Pembelajaran Dari Rumah Melalui Daring di Balai Padukuhan Tegalmulyo Kalurahan Kepek kapanewon  Wonosari , Selasa (30/06/2020) yang Mengundang  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Kabid Paud dan Penilik Paud Kapanewon Wonosari Ibu Siti Rohyani , Ketua TP PKK Kalurahan Kepek Ibu Sri Purwaningsih, SPD,  Lurah Kepek Bapak Bambang Setiawan Budi Santoso

Dalam sambutannya Lurah Kepek mengatakan bahwa penyebaran Virus Corona telah menyebabkan perubahan pada banyak tatanan kehidupan termasuk proses pembelajaran, dimana kini dilaksanakan dari Rumah dengan peranan orang tua dituntuk untuk lebih siap menjadi fasilitator bagi anak-anaknya. Sementara dengan kebijakan belajar dari rumah, para guru/pendidik perlu ada perencanaan, perlu berinteraksi, perlu berkomunikasi dengan para orang tua secara baik selama belajar di rumah.

”Untuk itu dengan kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu upaya bersama dalam memperkaya pengetahuan dan keterampilan para pelaku pendidikan disemua jenjang, sehingga terciptanya kreatifitass guru dalam menyajikan pembelajaran pada anak-anak yang menyenangkan di rumah. Kolaborasi antara guru, orang tua dan siswa adalah kunci keberhasilan kita dalam mendidik anak-anak”, ujar Lurah Kepek ,   selakigus membuka kegiatan Program Pengimbasan Bimtek Pembelajaran Dari Rumah Melalui Daring.

Selanjutnya juga  menyampaikan bahwa dalam kebijakan Pemerintah yang dikeluarga untuk memutus mata rantai penularan Virus Corona mewajibkan agar pelaksanaan kegiatan dilakukan di Rumah baik bagi guru maupun peserta didik. Dan untuk mendukung kegiatan tersebut, para guru harus siap dengan strategi yang tepat agar anak tetap dapat melakukan kegiatan dari rumah dalam jangka waktu yang belum dapat ditentukan. Dimana dalam kondisi seperti ini proses pembelajaran dapat memanfaatkan Teknologi Komunikasi dan Informasi. Dan peran Pemerintah untuk mendukung orang tua, guru dan anak didik dalam pembelajaran dari rumah manjadi sangat penting, dimana salah satu upaya tersebut yaitu menyiakan SDM guru yang kratif dan materi pembelajaran yang menyenangkan dengan sistem jarak jauh diseuai jenjang termasuk PAUD.

Diketahui, pada kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami pentingnya bermain bagi anak, merancang kegiatan bermain anak di rumah yang bermuatan Matematika, Sains, Bahasa, Seni Karya dan Music, Menyusun RPP sederhana dalam pelaksanaan belajar dari rumah, membangun komunikasi efektif dengan orang tua, melaksanakan dukungan psikologi awal anak dan memberikan pengasuhan positif serta menggunakan media daring.

Dokumen Lampiran : Bimtek Belajar dari rumah bagi Anak Paud


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemahan

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa