BATIK CANGKRING DAN MANDING JADI ANDALAN KAMPUNG BATIK KALURAHAN KEPEK

Editor 26 Juni 2022 15:27:05 WIB

Batik Cangkring dan Manding Jadi Andalan Kampung Batik Kalurahan Kepek

Perkembangan kampung batik di Kalurahan Kepek dapat dikatakan berkembang pesat, begitu pula dengan anggotanya yang selalu ada penambahan. Faktor utama berkembangnya kampung batik di Kalurahan Kepek yakni adanya rasa ingin maju dan berkembang serta rasa untuk terus belajar antar warga sekitar.

Faktor pendukung lainnya yakni tingginya kreatifitas yang tersalurkan dengan baik. Di Kalurahan kepek memiliki dua batik yang menjadi unggulan yakni batik cangkring dan batik manding.

Batik-batik tersebut memiliki kaitan erat dengan Kalurahan Kepek. Semakin berkembangnya kampung batik di Kalurahan Kepek maka diharapkan semakin stabil dan berkembang pula potensi ekonomi yang ada di Kalurahan tersebut.

Dampak ekonomi yang berada di wilayah kepek adanya tambahan pendapatan warga. Yang dulu tidak memiliki kesibukan atau nganggur sekarang bergelut dengan batik dan dapat memberikan penghasilan,” Kata Bambang Setiawan (15/6/2022).

Dalam pelaksanaannya tentu dalam pembuatan batik memiliki hambatan tersendri. Hambatan tersebut direspon baik oleh anggota dan warga sekitar yang sadar bahwa daerahnya tersebut juga merupakan desa budaya. 

Hambatan yang ada yaitu satu bahwa bahannya tidak mudah tapi intinya ada kemudian hambatan yang kedua pemasarannya ini juga membutuhkan dukungan banyak pihak karena persaingan batik lokal di Gunung kidul juga cukup luar biasa,”terang Bambang Setiawan.

Bambang Setiawan juga mengutarakan harapan untuk perkembangan batik di Kalurahan Kepek. Harapannya, batik di kepek mampu berkembang dan semakin maju dengan batik kebanggaan mereka yakni batik cangkring dan batik manding.

Harapan kami dari pemerintah kalurahan dari berkembangnya kampung batik di Kalurahan Kepek ini kedepannya kita sebagai desa budaya juga punya semangat untuk mengembangkan batik yang bercirikhas Kepek dalam hal ini batik manding dan batik cangkring. Keduanya tidak lepas dari sejarah tentang cangkring itu sendiri kemudian tidak lepas bahwa manding itu bagian dari perjalan historisnya tentang nama Kepek ,” tambahnya.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemahan

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa