KEBUN PISANG KEPEK UNTUK KETAHANAN PANGAN DESA

ABDUL MALIK NURROKHMAN 01 Juli 2022 07:47:04 WIB

Kebun Pisang Kepek, nama yang disematkan pada sebuah kebun pisang yang ada di Kalurahan Kepek. Tanah lebih dari 2 hektar ini sebelumnya adalah lahan kosong di Padukuhan Tegalmulyo. Akhirnya, pada tahun 2021 oleh TPK (Tim Pengelola Kegiatan) lahan tersebut digunakan untuk ditanami pisang. Dengan demikian, dana desa yang ada dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ketahanan pangan desa. Selain itu, kebun pisang ini juga bermanfaat untuk peningkatan gizi keluarga dan UMKM.
Pada tahun 2021, Kebun Pisang Kepek mendapat 150 bibit pisang dari berbagai jenis mulai dari Kepok, Raja, Cavendish, hingga pisang buah Kirana yang ditanam di Padukuhan Tegalmulyo. Di tahun berikutnya, kebun pisang makin berkembang dan mendapat masing-masing 140 bibit dan 90 bibit dari Sumbermulyo dan Trimulyo I. Dari masing-masing bibit yang telah ditanam, pada kemudian hari masing-masing bisa menjadi 3-5 pohon sehingga sekarang menjadi sangat banyak pohon pisang yang tumbuh. Kebun Pisang Kepek dirawat dengan diberi pupuk kandang yang didapatkan dari masyarakat Kalurahan Kepek yang mempunyai hewan ternak.
Hasil panen kebun pisang ini dijual dengan harga lebih murah dari harga pasar agar dapat dijadikan persediaan bahan UMKM sehingga memajukan UMKM yang ada. Dengan demikian, dana desa berhasil ditujukan untuk memajukan kemakmuran rakyat. Pisang-pisang yang ada juga dijual untuk makanan harian. Sementara, olahan pisang dapat dijadikan sebagai keripik pisang atau olahan kue. Karena konsumen hanya untuk warga masyarakat, usaha kebun pisang ini tidak didaftarkan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemahan

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa