STIK THIWUL: JAJANAN KEKINIAN KHAS GUNUNGKIDUL

ABDUL MALIK NURROKHMAN 09 Juli 2022 16:12:52 WIB

Kepek – Siapa bilang singkong hanya bisa direbus atau digoreng saja? Di tangan Pak Sandiko, singkong yang identik dengan jajanan rakyat murah berubah menjadi camilan yang tidak kalah saing dengan camilan supermarket. Singkong basah dikupas kulitnya. Setelah bersih, singkong dijemur di bawah sinar matahari. Jika singkong telah kering, singkong digiling hingga menjadi tepung. Tepung inilah yang bisa dibuat menjadi thiwul atau gatot. Ada beberapa produk unggulan yang ditawarkan Pak Sandiko, diantaranya: stik thiwul yang bisa tahan dua bulan dengan harga pasaran Rp30.000. Jika membeli langsung ke tokonya, Pak Sandiko mematok harga Rp14.000 untuk tiap bungkus stik thiwul. Thiwul ini sengaja tidak dibuat manis supaya tahan lama. Thiwul manis juga ada sebenarnya, harganya sekitar Rp30.000 dan hanya bertahan selama dua hari. Biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Selain itu, ada juga stik gatot seharga Rp15.000. Bahan dasarnya sama dengan thiwul, yaitu singkong yang dikeringkan. Bedanya, kalau gatot ini berwarna hitam.

Pak Sandiko membuat beragam jajanan dari bahan baku singkong. Ia memulai usaha sejak tahun 2000an, setelah ia pensiun di tahun 1999. Pak Sandiko mencari kesibukan dan memiliki keinginan memproduksi sesuatu yang beda yang tidak banyak orang bisa membuatnya. Awalnya, Pak Sandiko membuat inovasi ini stik thiwul ini karena melihat thiwul dipandang sebelah mata. Hal ini disebabkan thiwul menjadi makanan pokok orang yang berekonomi rendah pada masa dahulu. Oleh karena itu, Pak Sandiko mengubah thiwul menjadi camilan modern yang laku di pasaran. Selain thiwul, toko Pak Sandiko juga memiliki produk unggulan seperti kacang mete, peyek, lempeng krupuk, dan kimpul.

Usaha milik Pak Sandiko ini sudah mengantongi izin produksi PIRT. Namun, sayang, metode penjualan yang bisa dilakukan hanyalah menitipkan dari satu tokoh ke tokoh lainnya, termasuk di dalamnya adalah pusat oleh-oleh. Pak Sandiko pernah mencoba memasarkan melalui online. Hanya saja, stiknya justru hancur dan memiliki ongkos kirim yang mahal. Banyak yang menawarkan desain kemasan yang apik, tetapi Pak Sandiko khawatir harga stik thiwul ini akan meroket. Pak Sandiko berharap jajanan khas Gunungkidul ini bisa menjangkau masyarakat dengan cakupan yang lebih luas.

Tertarik mencoba? Langsung saja datang ke toko Stik Thiwul milik Pak Sandiko. Alamatnya di Jl. Taman Bakti No.16, Jeruk, Kepek, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851.

Atau jika belum menemukannya, silakan hubungi 083840418507.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemahan

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa