BAKPIA KULIT KRISPI ALA BU SUJAR

ABDUL MALIK NURROKHMAN 13 Juli 2022 21:13:36 WIB

Kepek -  Bakpia “Dua Putra” merupakan salah satu bakpia andalan di Desa Kepek. Bu Sujar mengatakan bahwa nama Bakpia “Dua Putra” yang beliau sedang kembangkan terinspirasi dari kedua putranya. Beliau memulai produksi bakpia sejak 5 tahun yang lalu. Awalnya, Bu Sujar mengikuti kursus 3 hari dari kalurahan Kepek. Ibu-ibu berkumpul bersama mengikuti pelatihan membuat bakpia. Pemasaran dilakukan dari mulut ke mulut dan juga memanfaatkan media sosial yaitu Whatsapp. Bakpia yang dijajakan selalu fresh, tidak pernah ready stock. Pemesanan paling lambat dilakukan satu hari sebelum bakpia siap disajikan. Terdapat tiga jenis rasa bakpia, yaitu: original, cokelat, dan keju. Bakpia Bu Sujar khas dengan kulit luarnya yang crispy, tetapi lembut di dalamnya. Pernah suatu hari Bu Sujar menitipkan bakpianya di warung. Namun, tidak berjalan lancar karena sepertinya harganya masih terlalu mahal untuk pangsa pasar warung sekitar rumah. Harga bakpianya sebenarnya cukup terjangkau. Satu kotak berisi 14 buah bakpia dibanderol dengan harga Rp25.000 untuk rasa original dan Rp28.000 untuk rasa cokelat dan keju. Bu Sujar biasanya menerima 1 kali pemesanan sebanyak 20-30 box yang digunakan untuk oleh-oleh. Akan tetapi, Bu Sujar sampai saat ini masih mengurus izin produksi PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) agar bisa lebih mengembangkan usahanya.

Pembuatan bakpia dilakukan Bu Sujar di malam hari. Bu Sujar membuat bakpia di dapur rumahnya. Proses pembuatan bakpia melalui beberapa tahap:

  1. Pertama, kacang hijau yang sudah mengelupas kulitnya (koja) direndam 2-3 jam.
  2. Setelah selesai, kacang hijau dikukus lalu dihaluskan.
  3. Setelah itu dimasuki gula jawa, vanili, gula pasir, margarin, minyak, dan sedikit garam, kemudian disangrai sampai kalis.
  4. Untuk membuat kulitnya menggunakan gandum yang sudah ditambah air panas, margarin, gula pasir, vanili, dan minyak.
  5. Lapisan terakhir terbuat dari gandum dicampur dengan minyak agar crispy.
  6. Kemudian bakpia tersebut dilinting.
  7. Langkah selanjutnya, bakpia ditaruh di dalam oven.
  8. Terakhir, angkat bakpia dan bakpia siap disajikan.

 

Bakpia Bu Sujar tahan dalam waktu 10 hari. Bu Sujar mempunyai keinginan. Bu Sujar ingin memiliki oven yang besar sehingga kuantitas produksinya bisa ditingkatkan. Selain itu, ia bermimpi untuk membuka kios di depan rumahnya agar memudahkannya dalam menjajakan bakpia. Bu Sujar berharap pihak kalurahan Kepek dapat memberikan dukungan dengan menyediakan fasilitator untuk itu.

Ingin mencoba bakpia kulit crispy? Silakan datang langsung ke Padukuhan Kepek I atau bisa juga menghubungi melalui nomor berikut ini : 08975060220.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemahan

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa