ABON PREMIUM HARGA MINIMUM CALLYSTA

ABDUL MALIK NURROKHMAN 04 Agustus 2022 21:45:10 WIB

Sejak 2016, Bu Ella yang awalnya menganggur mulai mencoba membuat abon. Suka duka dalam berbisnis telah banyak dilalui. Hingga kini, usahanya telah menjangkau sampai luar Jawa yang rata-rata penjualan dilakukan melalui dunia maya. Banyak pelanggan yang membeli sebagai bekal simpanan makanan ketika melancong ke luar negeri atau melakukan ibadah umrah. Hal ini karena abon awet dan tahan lama, sedangkan di luar negeri susah mencari makanan halal yang cocok di lidah. Daya tahan abon di suhu ruangan dapat mencapai 3 bulan. Oleh karena itu, abon cocok untuk masuk ke dalam list persediaan makanan.

Bu Ella memastikan abon buatannya dibuat dari bahan berkualitas. Bahan baku yang digunakan Bu Ella adalah bahan baku yang fresh, ia menggunakan daging yang baru disembelih. Maka dari itu, Bu Ella hanya menerima pesanan, tidak ready stock karena bahannya yang mahal. Pembuatannya terbilang cepat, apabila memesan pagi, siang sudah jadi.

Selain abon, Bu Ella menawarkan beberapa camilan lainnya, yaitu: kripik paru, kripik tempe, dan peyek. Harganya pun juga terjangkau, kemasan tiap produk biasanya dalam ukuran ¼ kg dengan harga abon sapi asli Rp350.000/kg, abon ayam Rp250.000/kg, dan keripik paru Rp100.000/kg.

Dalam menjalani usahanya, Bu Ella menemui berbagai macam tantangan, di antaranya adalah mencari kemasan plastik yang pas dan kendala izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Awalnya sudah mendapatkan PIRT dengan mudah. Akan tetapi, sempat terkendala ketika ingin memperpanjang PIRT di awal pandemi.

Pemasaran Abon Callysta hanya melalui Whatsapp group dan tersebar dari mulut ke mulut di lingkungan Wonosari. Bu Ella banyak menerima titipan bahan untuk abon saat Idul Adha. Sayangnya, kemasan Abon Callysta kini sudah tidak menggunakan label dikarenakan PIRT yang dimiliki sudah kedaluwarsa. 

Lokasi Abon Callysta masuk ke dalam gang. Dahulu ada banner di mulut gang, tetapi sekarang sudah rusak. Bu Ella ingin agar usahanya maju. Ia sedang memikirkan konsep dan mempertimbangkan masalah harga. Apabila dijadikan kemasan kecil menjadi tidak dapat untung karena harga bahan baku yang cukup mahal. Hal yang membuat mahal adalah produksi murni menggunakan bahan asli tanpa campuran yaitu jeroan mentah Rp90.000/kg. Terlebih sekarang minyak sedang mahal, sedangkan produksi memerlukan 2x proses penggorengan agar renyah. Untuk mengeringkan minyak abon, Bu Ella selama ini masih menggunakan mesin press manual.

Tertarik untuk mencoba?

Yuk datang ke Padukuhan Trimulyo II atau bisa juga memesan melalui 081994669697.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemahan

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa