GETHUK MENTARI : GETHUK LINDRI KHAS KEPEK

ABDUL MALIK NURROKHMAN 09 Agustus 2022 09:07:30 WIB

Berdiri sejak Oktober 2010, gethuk lindri buatan Bu Larto mulai terkenal di mana-mana. Awalnya, Bu Larto hanya mengeluhkan tentang permasalahan kehidupannya kepada saudaranya yang membuat olahan gethuk lindri. Lalu saudaranya tersebut mengajarkan cara membuat gethuk lindri. Sejak saat itu Bu Larto pun mulai membuat gethuk lindri. Kini yang meneruskan olahan gethuk lindri hanya Bu Larto. Tak hanya itu, Bu Larto mengaku mendapat pelatihan lembaga-lembaga pemerintahan untuk mengembangkan kemampuan dan pemasaran Gethuk Mentari. Bu Larto dengan giat dan tekun berkecimpung dalam olahan ini. Ia membuat kreasi gethuk lindri dengan 4 pilihan warna, yaitu: cokelat, putih, merah muda, dan hijau. 

Pembuatan gethuk lindri dapat dikatakan mudah-mudah-susah. Hal ini dikarenakan bahan dasarnya memang terbuat dari ketela singkong. Ketela yang digunakan harus fresh. Ketela dibersihkan dan dikupas. Kemudian, seratnya diambil mentah-mentah. Setelah selesai, cuci dan rendam semalam penuh. Jika sudah, ketela dicuci kembali, lalu dikukus. Tambahkan kelapa atau margarin yang sudah dicairkan. Campur gula, vanili, dan garam secukupnya. Biasanya 5 kilogram ketela dicampur ½ kilogram gula, 1 sdt garam, dan vanili secukupnya. Gethuk lindri siap dibentuk sesuai keinginan. Setelah itu, gethuk sudah bisa disajikan. 

Gethuk Mentari tidak menggunakan pengawet sehingga biasanya gethuk Bu Larto ini hanya tahan selama 8 jam di suhu ruang. Lebih lama dari itu, gethuk akan memiliki rasa yang lebih kecut. Oleh karenanya, jika sudah lebih dari 8 jam, gethuk sebaiknya digoreng. Atau disimpan di dalam kulkas agar lebih tahan lama. Bu Larto tidak jarang menerima pesanan ke luar daerah Yogyakarta. Ia berinisiatif menambahkan gula merah dalam adonan gethuknya. Hasilnya, gethuk lebih manis dan tahan lama. Oleh karena itu, khas gethuk lindri milik Bu Larto khas dengan tambahan gula jawanya. 

Pemasaran Gethuk Mentari dilakukan dari mulut ke mulut. Bu Larto sering mendapat pesanan gethuk untuk menemani acara. Minimal pesanan ditetapkan Rp50.000 agar tidak rugi. Bu Larto yang sebelumnya hanya sekedar mengeluh, justru kini mendapat rezeki dari arah yang tidak terduga. Bu Larto berharap, usaha gethuk ini bisa menjadi mata pencaharian keluarganya dengan prospek yang menjanjikan.

Ingin menikmati sensasi gethuk gula jawa? Hubungi Bu Larto 0878-3831-4512 atau bisa langsung memesan ke Padukuhan Trimulyo I, Kalurahan Kepek, Kapanewon Wonosari.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemahan

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa