GARDU POS RONDA DI DESA KEPEK INI MILIKI DWI FUNGSI

25 Oktober 2019 07:45:18 WIB

SIDAKSAMEKTA KEPEK - Seperti yang kita ketahui jika kita mendengar dan melihat pos ronda atau gardu di benak kita pasti langsung terpikirkan dengan kegiatan siskamling (Sistem Keamanan Keliling). Begitupula di pos kamling atau gardu ronda di salah satu Desa Kepek ini. Tepatnya di RT. 03 RW 05 Padukuhan Tegalmulyo ini juga mempunyai fungsi utama untuk itu.

Selain digunakan untuk kegiatan siskamling, gardu ini juga menjadi fungsi untuk salah satu Perpusdes di Desa Kepek. Menurut Bambang Sutrisno Ketua RT.03 Padukuhan Tegalmulyo sekaligus penanggungjawab keberadaan pos ronda ini, mengatakan bahwa pos ronda ini dijadikan juga menjadi Perpusdes yang saat ini dikenal dengan Gardu Pintar dimulai sejak tahun 2010. Dengan alasan pertamanya untuk menjadi kegiatan pendamping warga Rt.03 saat melakukan penjagaan malam di lingkungannya. Masih menurut Bambang, karena pada tahun itu kegiatan warga yang mendapat jatah ronda di pos ronda tidak ada yang dapat dilakukan maka diinisasilah menjadi gardu pintar hingga saat ini.

Kemudian saat tim Sidasamekta Kepek menemui pustakawan perpusdes sekaligus relawan di Gardu Pintar, Himawan Danuwarsa mengatakan bahwa sumber buku yang kini ada di gardu pintar berjumlah sekira 500 buku, dengan berbagai judul buku terpajang di rak buku. Dan seluruh warga dapat membaca buku di gardu pintar kapanpun selama 24 jam. Sebagai informasi, Gardu pintar yang terdapat di Rt.03 Padukuhan Tegalmulyo Desa Kepek ini sekarang menjadi bagian dari Perpustakaan Desa Kepek, dengan penamaan Gardu Pintar 2. Sedangkan untuk Gardu Pintar 1 terletak di Padukuhan Bansari. Untuk di gardu pintar di Padukuhan Tegalmulyo ini selain buku sebanyak 500 judul buku juga mempunyai fasilitas free wifi yang dapat diakses oleh siapapun juga.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemahan

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa