LINTANG KANISTHA, LESTARIKAN BUDAYA LEWAT MUSIK KERONCONG

28 Oktober 2019 07:31:00 WIB

SIDAMEKTA KEPEK - Musik keroncong akhir-akhir ini sedang banyak di gemari masyarakat Gunungkidul. Salah satunya grub musik keroncong asli Desa Kepek, OK. Lintang Kanistha. Lintang Kanistha sendiri berdiri pada tahun 2016 berawal karena ingin melestarikan budaya khususnya musik keroncong yang semakin lama semakin sedikit penikmatnya. Pada awalnya grub musik ini terdiri dari 4 personil, tetapi untuk saat ini sudah memiliki anggota berjumlah 11 orang, 9 orang pemusik dan 2 orang vokal. Lintang Kanistha terdiri dari kumpulan pemuda pecinta keroncong yang hampir semua personilnya berdomisili di Kepek, antara lain Rahmat (flute), Ngimagudin (biola), Amin (piano), Jadug (cello), Wilan (bass), Ibram (cak), Ekta (cuk), Heri (gitar), Zul (drum), dan untuk vokal ada Deddy dan Aliyya.

Tak heran grub musik Lintang Kanistha ini sering tampil menghibur masyarakat, selain karena penampilan mereka yang luar biasa saat memanjakan mata dan telinga para penonton, tetapi juga karena penampilan mereka yang bisa dikatakan unik dari grub-grub musik lain. Tak jarang saat mereka tampil di sebuah acara memakai kostum jadul ataupun kostum bertema tradisional.

Tidak hanya menghibur masyarakat Gunungkidul dan sekitarnya, Lintang Kanistha sering mendapat job dari luar Gunungkidul atau luar Daerah Istimewa Yogyakarta seperti Semarang dan Kendal. Beberapa waktu lalu Lintang Kanistha berkesempatan tampil di acara Pasar Keroncong Kota Gede 2019 pertengahan Oktober lalu. "Ahad, 27 Oktober 2019 kami mendapat kesempatan buat tampil di Taman Kota Wonosari, jadi pada kesempatan ini selain dalam rangka latihan rutin, kami juga sedang mempersiapkan acara tersebut." ucap Limpat manager sekaligus pencetus grub musik Lintang Kanistha Kamis malam (24/10/2019) di base camp mereka. Untuk base camp serta tempat latihan berlokasi di Gg. Werkudoro RT. 06/10 Padukuhan Jeruk, Desa Kepek, Wonosari, Gunungkidul.

Jurnais: Safina
Editor: Mas Imuhar

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Terjemahan

Polling Web Kepek

Bagaimana menurut anda informasi dari website Kepek?
Sangat memuaskan, Lanjutkan
Memuaskan Saja
Memuaskan, Tingkatkan
Tidak Memuaskan
Create free online surveys

wa